Saturday, November 29, 2014

Kumpulan Tool Untuk Web Design | majuter.us

Saya yakin, banyak web designer / developer menggunakan berbagai macam web design tools terkenal seperti Redpen, Bootstrap, Adobe Kuler, dan sebagainya, dengan tujuan untuk memudahkan desain / pengerjaan project.
Dan saya terpikir, sebenarnya banyak tools untuk web design lain yang juga bagus, namun mungkin kurang terkenal dikarenakan tidak banyak yang tahu, masih baru diluncurkan, atau masih beta. Jadi di sini, saya tuliskan daftar kumpulan web design tools sebagai tambahan referensi anda, web designer/developer.
Jika ada yang terlewat, silahkan tambahkan di kotak komentar.

1. SIP

 

Tool color picker sederhana yang fungsinya untuk mengambil warna apapun yang ada di layar. Mendukung 35 format warna seperti HEX, RGB, RGBA, dan lain-lain. Tersedia dalam bentuk ekstensi untuk Adobe Photoshop dan Illustrator. Tool gratis ini bisa anda download di iTunes Store (iya…, hanya untuk OS X saja).

2. InVision



Jika anda suka menggunakan Redpen, saya yakin anda akan jauh lebih suka menggunakan InVision. Fungsi InVision kurang lebih sama dengan Redpen yaitu untuk menunjukkan mockup/prototype desain, namun dengan fitur ekstra seperti gestures, animations, dan transitions.

3. Bourbon Neat


Bourbon Neat adalah sebuah responsive grid framework yang dibangun di atas SASS dan Bourbon. Tidak seperti grid framework lain seperti Bootstrap atau Foundation, Bourbon neat tidak membutuhkan class tertentu (.row, .small-x, .large-x, .span-x, dsb). Jadi HTML anda akan lebih bersih dan semantic.

4. Animatron



Dengan tool ini, anda tidak perlu belajar coding untuk membuat HTML5 animasi. Animatron adalah sebuah tool online untuk membuat animasi HTML5 untuk kemudian bisa anda taruh di situs anda.

5. Mapbox


Mapbox adalah sebuah tool yang memudahkan anda untuk mendesain peta. Dengan berbagai pilihan font, tekstur dan ilustrasi, serta custom marker, anda bisa menciptakan sebuah desain peta yang unik untuk disesuaikan dengan project desain.

6. Ocean


Saya rasa dari taglinenya, “a community of designers sharing feedback”, sudah jelas fungsinya apa :). Ocean kurang lebih fungsinya seperti Redpen, yaitu untuk mencari feedback. Namun karena ini adalah situs komunitas, jadi semua anggota bebas memberikan feedback.

7. Blocs


Blocs adalah tool untuk mendesain website untuk kemudian bisa diexport ke dalam bentuk HTML. Kurang lebih seperti Macaw.

8. Takana


Takana adalah sebuah tool dimana anda bisa melihat perubahan desain website anda di browser secara langsung pada waktu anda mengubah SCSS atau CSS di text editor, tanpa harus menekan save terlebih dahulu. Tool favorit terbaru saya.

9. Duo


Duo adalah browser dengan 2 panel tampilan (desktop dan mobile view) untuk membantu proses desain/develop website responsive. Tidak gratis. Hanya untuk OS X.

Sumber:
http://majuter.us/blog/tools/kumpulan-web-design-tools-untuk-membantu-proses-web-desain-development

No comments:

Post a Comment